MANFAAT IKAN KANCRA

Manfaat Ikan Kancra
====================







Ikan Kancra ternyata mempunyai manfaat dan kasiat yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel.
Konon yang pertama kali memelihara ikan kancra adalah Sunan Gunung Jati pada tahun 1420 masehi. Pada masa itu agama Islam sedang dalam penyebaran ajaran di daerah Kuningan. Kebanyakan orang menganggap bahwa ikan tersebut pertanda nasib baik. Dan itu merupakan lama lain dari ikan lempon, namun di daerah Sunda dikenal dengan nama kancra.

Konon seekor ikan kancra raksasa sepanjang sekitar 1,5 meter dan berat lebih dari 1 kuintal, telah ditemukan oleh warga Garut. Mereka terkejut sekali karena baru melihat ikan sebesar itu. Ditemukan di pinggiran Sungai Cimanuk, Kampung Copong, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota.




Ikan kancra yang biasa disebut ikan dewa biasanya memiliki berat badan sekitar 10 kg, dan panjang 20 cm. Untuk mengangkatnya manusia harus gotongan karena tergolong sangat berat. Pasti daginya tebal juga dan kenyang sekali jika makan ikan itu. Harganya pun tergolong mahal per kilonya bisa sampai Rp 400.000. Hal itu terjadi karena termasuk hewan yang langka atau jarang ditemui. Selanjutnya akan kami sajikan manfaat ikan kancra, antaralain:
1. Meningkatkan Selera Makan

Apabila anda bosan hanya makan menggunakan lauk yang setiap hari sama. Mulai sekarang bisa mencobanya dengan mengonsumsi ikan kancra yang enak dapat meningkatkan selera makan. Selain itu, banyaknya gizi yang ada di dalam ikan ini bagus bagi tubuh.
2. Sumber Protein Hewani

Ikan kancra merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya yaitu kaya akan protein, vitamin, mineral dan rendah kalori. Sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu juga dapat merawat kesehatan pencernaan anda.
3. Mencegah Anemia

Ikan kancra sangat baik untuk mencegah terkena anemia atau kurang darah. Sebab didalamnya mengandung zat besi yang membantunya. Pada umumnya penderita penyakit ini merasakan gejala seperti pusing, mual, tubuh terasa lemas, lelah, serta rentan terserang berbagai macam penyakit.
4. Menambah Energi

Makan ikan kancra setiap hari adalah salah satu cara menambah enegi untuk tubuh anda. Di dalam daging ikan ini terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi. Sehingga dalam menjalani aktivitas sehari-hari akan terasa lebih semangat. Selain itu juga tidak mudah capek ataupun letih.
5. Mencegah Obesitas

Orang yang mengalami obesitas pasti akan kelebihan berat badan. Hal itu disebabkan bisa karena kebanyakan makan atau terlalu sering ngemil, dan juga mengonsumsi makanan yang kadar kolesterolnya tinggi. Tetapi jangan khawatir meskipun dagingnya tebal ikan kancra rendah lemak jadi tidak akan secara drastis menimbulkan gendut berlebihan.
6. Mengandung Vitamin A

Vitamin A yang terdapat pada ikan kancra ternyata dapat memberi manfaat untuk tubuh kita, antara lain yaitu menjaga kesehatan mata. Selain itu juga bisa mencegah munculnya berbagai gangguan padaindera penglihatan anda, seperti belek, kering, minus dan katarak. Oleh karena itu konsumsilah secara teratur ikan ini.
7. Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat dari ikan kancra yaitu dapat meningkatkan kekuatan tulang. Hal tersebut dapat terjadi karena didalamnya terdapat kandungan fosfor, kalsium serta vitamin D yang sangat berguna untuk mencegah osteoporosis. Selain itu juga mampu menguatkan struktur gigi anda. Maka dari itu konsumsilah ikan ini secara rutin paling tidak dua kali dalam seminggu.
8. Manfaat Ikan Kancra dapat Mencegah Depresi

Apabila anda sedang mengalami gangguan emosi, lebih utamanya depresi, cobalah untuk mencicipi lezatnya ikan kancra. Sebab didalamnya terdapat kandungan protein yang tinggi, berperan membantu mengatasi masalah tersebut.
9. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Khasiat dari ikan kancra salah satunya yaitu baik bagi tubuh kita untuk meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu konsumsilah ikan ini secara rutin. Dan imbangilah dengan rajin belajar.
10. Melancarkan Menstruasi

Cobalah anda rajin mengonsumsi ikan kancra supaya menstruasi lebih lancar, tidak terlambat datang bulan. Selain itu sirkulasi darah juga normal. Tubuh pun akan kelihatan sehat bugar.

Komentar